TechBlog

Fitur Baru Whatsapp Business

Aplikasi WhatsApp semakin bertambah bersamaan makin bergantungnya sehari-harinya warga pada masa digital sepanjang wabah Covid-19. Peristiwa itu membuat aktor usaha banyak yang manfaatkan internet dan program untuk menggerakkan perform usaha mereka, termasuk WhatsApp. Basis pesan singkat garapan Facebook ini membuat desain peranan khusus untuk menolong beberapa aktor usaha mengurus service pelanggan dengan lebih bagus, yakni WhatsApp Business.

Cara Mengaktifkan Fitur Baru WhatsApp Business

Untuk mengaktifkan fitur baru pada WhatsApp Business, pertama-tama pastikan bahwa aplikasi WhatsApp Business telah diperbarui ke versi terbaru. Setelah itu, masuk ke menu WhatsApp Business dan pilih opsi Setelan.

Pilih Fitur Baru dan aktifkan fitur yang ingin digunakan dengan menggeser tombol ke kanan. Beberapa fitur baru yang dapat diaktifkan antara lain Quick Replies, Catalog, dan Quick Replies for Frequently Asked Questions (FAQs).

Dengan mengaktifkan fitur-fitur ini, pengguna WhatsApp Business dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan.

Memahami Menu Baru Pada WhatsApp Business

Menu pada WhatsApp Business memang terus berkembang. Untuk memahami menu baru, perlu diperhatikan dengan baik setiap fitur dan kegunaannya. Salah satu menu baru yang perlu diperhatikan adalah “Business Tools” yang menyediakan berbagai fasilitas seperti Quick Replies, Away Messages, Greeting Messages, dan masih banyak lagi.

Selain itu, perhatikan juga menu “Catalog” yang memungkinkan kita untuk secara mudah menampilkan produk yang kita jual dan memudahkan pelanggan untuk memilih produk yang tersedia. Dengan memahami menu baru ini, kita dapat mengoptimalkan penggunaan WhatsApp Business untuk kepentingan bisnis kita.

Menambahkan Katalog Produk Pada WhatsApp Business

Anda dapat menambahkan katalog produk pada WhatsApp Business untuk memudahkan pelanggan dalam melihat dan membeli produk Kamu. Dengan menambahkan katalog produk, pelanggan dapat melihat gambar, deskripsi, dan harga produk secara lebih mudah dan terorganisir.

Selain itu, pelanggan juga dapat langsung melakukan pemesanan tanpa harus keluar dari aplikasi WhatsApp. Hal ini dapat membantu mempercepat proses penjualan dan mengoptimalkan bisnis Kamu di platform WhatsApp.

Membuat Pesan Otomatis Untuk Pelanggan

Anda dapat membuat pesan otomatis untuk pelanggan dengan mudah. Pesan tersebut dapat digunakan untuk memberi tahu pelanggan bahwa pesanan telah diterima atau memberikan update tentang pengiriman barang.

Pastikan pesan tersebut singkat dan jelas, sehingga pelanggan dapat memahaminya dengan mudah. Selain itu, jangan lupa untuk menyertakan ucapan terima kasih pada pesan tersebut untuk menunjukkan bahwa Kamu menghargai pelanggan Kamu.

Mengelola Pesan Masuk Dari Pelanggan

Mengelola pesan masuk dari pelanggan merupakan hal penting yang harus dilakukan oleh setiap bisnis. Dengan memperhatikan pesan masuk, kita dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan. Salah satu cara untuk mengelola pesan masuk adalah dengan memberikan respon yang cepat dan tepat kepada pelanggan.

Selain itu, kita juga perlu mengatur prioritas pesan masuk sesuai dengan kepentingannya agar tidak terlewatkan. Dalam mengelola pesan masuk, pastikan untuk menggunakan bahasa yang sopan dan memuaskan pelanggan agar mereka merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Mengelola Pesan Keluar Dari Bisnis

Memanfaatkan Fitur QR Code Untuk Bisnis

Memanfaatkan fitur QR Code bisa menjadi solusi praktis untuk meningkatkan bisnis. Dengan fitur QR Code, pelanggan dapat mengakses informasi, produk, dan layanan hanya dengan memindai kode tersebut menggunakan smartphone mereka.

Fitur ini juga dapat mempermudah proses pembayaran atau registrasi dalam suatu acara atau seminar. Hal ini membuat bisnis dapat lebih efisien dan lebih menghemat waktu.

Mengirim Pesan Dengan Template Siap Pakai

Dalam mengirim pesan, kita bisa menggunakan template siap pakai agar lebih mudah dan efisien. Template ini sudah tersedia di berbagai aplikasi dan memungkinkan kita untuk langsung menggunakan format yang sudah ditentukan tanpa perlu membuat dari awal.

Hal ini sangat berguna dalam mempercepat proses pengiriman pesan, terutama jika jenis pesan yang sama sering kali dikirim. Selain itu, kita juga bisa mengedit template tersebut agar sesuai dengan kebutuhan kita atau membuat desain berbasis foto yang lebih menarik dan informatif.

 

Kesimpulan

fitur baru WhatsApp Business akan membawa banyak kemudahan bagi pelaku bisnis dalam berkomunikasi dengan konsumen. Dengan fitur-fitur yang lebih lengkap, seperti kemampuan untuk mengirimkan pesan otomatis dan membuat pesan singkat yang lebih menarik, bisnis dapat lebih efektif dalam menjangkau dan mempertahankan konsumen mereka.

WhatsApp Business juga dapat membantu bisnis untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, mengoptimalkan waktu dan pengelolaan pesan, serta memperluas jangkauan pasar mereka. Dengan demikian, para pelaku bisnis di Indonesia dapat memanfaatkan fitur baru ini untuk mengembangkan bisnis mereka dan meraih kesuksesan lebih besar.

Penulis:  Ryan Palala

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button